Kamis, 17 Juni 2010

SURAT YASIN

Surat Yaa Sin adalah golongan surat Makkiyah, Surat yang ke-36 ini memiliki 83 ayat. Arti dari Yaa Sin, yang terdapat pada permulaan surat ini yaitu Allah SWT mengisyaratkan bahwa sesudah huruf tersebut akan dikemukakan hal yang penting diantaranya : Allah bersumpah dengan Al-Qur'an bahwa Muhammad SAW benar-benar seorang rasul yang diutus-Nya kepada kaum yang belum pernah diutus kepada mereka Rasulullah.

Dalam Surat Yasin dikemukakan tentang Al-Qur'an, kenabian Muhammad SAW, penegasan hari berbangkit yang disertai bukti-bukti alamiahdan aqliah serta perumpamaan-perumpamaan. Kesemuanya dikemukakan sebagai penghibur hati Rasulullah SAW dan untuk menambah keyakinan orang-orang yang beriman yang sedang mendapat tekanan dari kaum musyrikin.

I. Pokok Isi Kandungan Surat Yasin

1. Pokok-pokok keimanan, misalnya tentang hari kebangkitan
2. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
3. Kekuasaan dan Rahmat Allah yang disediakan bagi orang-orang mukmin
4. Memuat tentang Nabi Isa AS dengan penduduk Antakiyah (Syam)
5. Peringatan bagi orang-orang Musyrik
6. Allah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan
7. Peredaran Cakrawala berjalan pada garis edar yang telah ditetapkan oleh Allah
8. Ajal dan Hari Kiamat
9. Allah menghibur hati Rasulullah SAW terhadap sikap kaum musyrikin yang menyakitkan hatinya.

Rincian kandungan surat Yasin ayat demi ayat memuat :

Pernyataan Allah bahwa Muhammad SAW itu benar-benar seorag Rasul  yang membawa Al-Qur'an sebagai wahyu dari Allah, terdiri dari :


1. Gunanya Al_qur'an diturunkan kepada Muhammad SAW
2. Kebanyakan orang kafir pasti mendapatkan azab karena tidak mengindahkan peringatan Allah
3. Peringatan hanya berguna pada orang-orang yag takut kepada Allah
4. Kisah penduduk sebuah kota yang harus menjadi pelajaran bagi penduduk Mekah
5. Penyesalan terhadap orang-orang yang tidak beriman
6. Tanda-tanda kekuasaan Allah SWT
7. keadaan orang-orang mukmin di hari kiamat
8. Cercaan Allah terhadap orang-orang yang tidak beriman
9. Muhammad SAW bukan seorang penyair
10. Kekuasaan Allah membangkitkan manusia di hari kiamat




II. Fadhilah membaca Surat Yasin

Surat Yasin sebagai jantungnya Surat dalam Al-Qur'an, mempunyai fadhilah serta khasiat yang sangat bermanfaat bagi yang membacanya, diantaranya :


1. Mempermudah dan mempercepat keluarnya roh apabila dibacakan pada orang yang sedang dalam sakaratul maut, sesuai sabda Rasulullah :


"Bacakanlah untuk orang (yang akan) mati Surat Yasin". (HR. Imam Abu Dawud)


2. Menetapkan pahala membaca surat Yasin seperti hal_nya membaca Al-Qur'an 10 kali, sesuai sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Anas RA :


"Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada jantung hatinya, sedangkan jantung hati Al-Qur'an adalah Surat Yasin. Barang siapa membaca surat yasin, maka Allah menetapkan baginya seperti membaca Al-Qur'an sepuluh kali."

3. Insya'Allah mendapat Syafa'at bagi pembaca dan bahkan bagi yang mendengarkan, serta memperoleh kebaikan didunia; hilangnya rasa takut di hari kiamat dan dikabulkan segala hajatnya.
Dari Aisyah RA, Rasulullah bersabda :


"Bahwasanya didalam Al-Qur'an itu ada satu surat yang dapat memberi syafa'at kepada pembacanya dan memberi ampunan bagi pendengarnya, ketahuilah yaitu surat Yasin, yang didalam taurat dinamakan Al-Mu'ammah. Ditanyakan : Ya Rasulullah, apakah Al-Mu'ammah itu? Beliau bersabda : Sebab orang yang membacanya mendapatkan kebaikan didunia dan menghilangkan ketakutan diakhirat. Dan Surat Yasin itu juga disebut Ad Dafi'ah dan Al-Qadhiyah. Ditanyakan oleh sahabat : Karena dapat menolak kejahatan bagi orang yang membacanya."

4. Insya'Allah memperoleh keringanan dari siksa kubur, sebagaimana diriwayatkan Anas RA, Rasulullah bersabda :

"Barang siapa masuk ke pekuburan lalu membca surat Yasin, maka Allah meringankan siksa ahli kubur pada hari itu, dan pembacanya memperoleh kebaikan sebanyak orang yang ada didalamnya."

5. Insya'Allah memperoleh kemudahan dalam berbagai urusan, selanjutnya apabila dibaca 41 kali, Insya'Allah segala hajatnya akan dikabulkan. sebagaimana dikemukakan dalam hadis Ad-Darimi dari Syahr bin Hausab, Ibnu Abbas :

"Barang siapa membaca Surat Yasin di waktu pagi, maka akan mendapatkan kemudahan di hari itu hingga sore. Dan siapa yang membacanya dipermulaan malam, maka akan mendapat kemudahan pada malam itu sampai pagi."

6. Aurad Surat Yasin untuk memperoleh berbagai hajat. dalam kitab Sa'adatud Darain yang dikutip dari Minhajul Hanif disebutkan faidah membaca surat Yasin yang besar sekali untuk mendatangkan berbagai hajat, dengan cara melaksanakan Aurad surat Yasin sesudah shalat subuh yaitu :
- pada lafaz "Yaa Sin" dibaca 7 kali
- Pada ayat "Dzalika taqdirul 'aziizil 'alim" dibaca 14 kali
- pada ayat "salaamun qaulam mir rabbir rahiim" dibaca 7 kali
- Dan pada ayat "A wa laisal ladzi khalaqas-samawaati wal ardha bi qadirin 'ala ay yakhuluqa mislahum, balaa wa huwal-khallakul 'aliim" dibaca 12 kali.

Setelah selesai kemudian membaca surat Al-Fatihah, kemudian berdo'a kepada Allah SWT dengan mengemukakan hajatnya.

Dari Abdullah bin Zubair, Rasulullah bersabda :

"Siapa yang menjadikan surat Yasin di permulaan hajatnya, maka hajatnya dikabulkan."

Sumber : Amalan Mulia Meraih Keselamatan dan Kebahagiaan_AL MAWARDI PRIMA
by : Din Zainuddin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Demi perbaikan dari banyak kekurangan pada BLOG ini.

"KOMENTAR Anda SANGAD dibutuhkaN"